Rabu, 01 Desember 2010

cara membuat blog gratis


Membuat Blog : Menambahkan gambar ke dalam artikel

Postingan ini melanjutkan hal-hal dasar yang perlu diperhatikan dalam membuat blog anda sendiri :-) seperti misalnya menambahkan gambar ke dalam artikel yang anda tulis atau membuat link URL.

Asumsinya, saat ini anda telah masuk untuk membuat artikel baru dengan menekan tombol "New Posts", akan tampil sebuah layout yang persis seperti kita menulis email dengan toolbar yang seperti gambar dibawah ini. Usahakan untuk familiar ya dengan tool-2 tersebut tapi kalau memang jago kode-2 pemprograman seperti html, silahkan saja langsung masuk ke menu html nya :-)

Bar icon-icon yang tersedia ketika melakukan sebuah postingan

Langkah-langkah untuk menambahkan gambar di dalam postingan

Satu
Klik ikon yang berada disebelah kanan ikon berlabelkan ABC (lihat gambar diatas). Setelah itu akan muncul box seperti digambar ini.


Box untuk upload gambar dalam postingan

Dua
Ada dua cara untuk menambahkan gambar yang anda simpan di komputer anda atau yang merefer ke gambar yang ada di website lain. Saat ini kita coba tambahkan gambar dari komputer kita dulu ya :-)

a. Klik tombol "Browse" untuk mencari file gambar yang mau diupload.
Note: Jika ingin menambahkan lebih dari satu gambar dalam satu kali proses upload ini, maka klik Link yang berwarna biru dengan label "Add Another Image". Dalam sekali proses maksimal hanya bisa hingga 5 gambar.

b. Pilih letak gambar (kiri, tengah atau di kanan) artikel
c. Pilih Size gambar (kecil, sedang, besar)
d. Tekan tombol "Upload Image"


Tiga
Tunggu sebentar, hingga muncul informasi bahwa semua gambar yang mau diupload telah sukses dan tekan tombol "Done" untuk menutup box tsbt.

Nah sekarang gambar yang ingin dimasukkan ke dalam artikel sudah muncul, silahkan lanjutkan menulis artikel dan jangan lupa untuk menekan tombol "Publish" ya, supaya tulisan/sharingnya jauhhhh lebih bermanfaat untuk orang lain :-)


Langkah-langkah untuk membuat link ke website lain
Nah, ada pertanyaan tambahan nih dari bunda dini untuk membuat link ke website orang lain dari postingan kita.

Misalnya nih, saya ingin jika tulisan doris nasution di klik akan membuka blognya doris nasution. Nah itu namanya menambahkan link URL kepada kata-kata doris nasution.

Caranya gampang banget koq, nih langkah-langkahnya:
Gambar menambahkan link URL

Mari terus berbagi.

Salam,
Doris Nasution
Owner, "Shaakira"
Outlet Jilbab & Kerudung Pilihan
Tebet Barat, Jak-Sel
Email: dorisnst@yahoo.com | YM:dorisnst | HP:0815-86038678

Membuat Blog : Apa yang perlu diketahui?

Saya mendapatkan pertanyaan ini melalui email dan menurut saya alangkah baiknya jika jawabannya juga diharing melalui blog ini, sehingga kita bisa sharing/diskusi/memberikan tips terbuka atas pertanyaan ini.

------------------------------------------------------------
Dari : Khaira (Member TDA juga loh;-))
Khaira Rizfia wrote:
Assalamualaikum Wr.Wb.
To Mbak Doris yang baek hati
Wa’alaikum salam mbak Khaira yang baek juga dan member TDA yang sangat luar biasa semangat belajarnya. Aduh-2 pertanyaannya banyak juga yah, aku mo pingsan dulu ah…heheh..abisan kaget juga dapet berondongan pertanyaan seperti ini.
Pingin rasanya punya blog/web seperti punya mbak, Simple dan informatif.
Bisa punya bisnis on-line seperti srikandi-srikandi TDA
Gimana caranya ya...
Aku tarik napas dulu deh untuk ngejawabnya :-), niatku semoga apa yang aku jawab melalui email mbak ini bisa digunakan juga oleh teman-2 yang lain yang ingin juga bikin blog hingga nantinya bisa bikin web sendiri yang simple dan mengoptimalkan web tsbt untuk bisnisnya masing-2.
Sebagai langkah awal, saya lebih suka kita mulai dengan membuat blog dulu ya mbak khaira, karena sangat mudah dan yang terutama adalah GRATIS. Tidak usah pusing untuk membeli domain* dan hosting* di mana. Saya akan jelaskan lebih jauh di bawah nanti ya, kata-2 yang saya beri tanda * itu. Biar lebih jelas gitu loh :-)
Nah cara buat blog itu aku rangkum disini ya mbak, insyaAllah aku lanjutkan dengan cara buat website yang mudah nanti. Intinya kalau buat blog itu tidak offline loh, beda dengan buat website yang bisa offline dan tinggal upload saja file-2 yang kita inginkan muncul di web ke server paling tidak untuk proses pembuatan pertamanya.
Karena aku familiar dengan blogger.com, maka aku jelasin nya yang ini aja ya, sebenernya banyak koq yang nyedian blog gratis kaya multiply, wordpress, blogsome dll.
Oke, kita lanjut yah :-), pertama daftar dulu ke blogger.com
Satu
Buka blogger.com
Dua
Di bagian bawah ada link yang berwarna orange berjudul "Create a blog in 3 steps", klik tanda panah nya yang berjudul "Create Your Blog Now" itu dan mbak akan dipandu untuk membuat blog.
Tiga
Ikuti saja langkah-2nya ya. Dimulai dengan mengisi email address (rekomendasi saya pake google account ya mbak, hingga nanti kalau pingin naro iklan-2 adsense google di blog kita itu mudah diapprove sama si googlenya). Tapi kalau belum punya google main juga gpp kok, mulai saja dulu dengan yang ada, iya kan ? Kemudian masukkan password, display name (nama yang akan muncul dibawah artikel yang akan kita posting nantinya) dan jangan lupa tick "Acceptance of Terms" sebelum menekan tombol "Continue" yah.
Empat

Nah disini kita mulai menamakan blog yang ingin dibuat.
Masukkan blog titlenya dan pilih namanya dan teruskan dengan menekan tombol "Continue".
Misalnya saya masukkan di blog titlenya (membuat blog gratis) dan di blog namenya (membuatbloggratis)

Lima
Pilih template (background blog, style font dan aturannya) dari template-2 yang telah disediakan untuk kita. Misalnya saya pilih yang pertama "Minima" (nanti jika mau diubah-2 warna background dll nya gampang banget koq mbak). Teruskan dengan menekan tombol "Continue" yah.
Enam
Jadi deh blog pertama kita, coba perhatikan kata-2 nya "Your blog has been created". Untuk melihat blog kita, maka kita harus posting dulu mbak, nah lanjutkan dengan menekan tombol "Start Posting" yah.

Tujuh
Akan muncul layout seperti kita menulis email ya mbak, silahkan masukkan judul dan tulisan yang mau dimasukkan di postingan pertama ini :-) coba untuk terbiasa dengan toolbar yang disediakan ya, misalnya untuk mengubah jenis font menjadi lebih besar, lebih tebal, mengganti warna font dan juga membuat link ke website lain (icon rantai disamping icon T) dan juga untuk menambahkan gambar (icon disamping icon ABC).
Delapan
Jika sudah selesai, tekan tombol "Publish" yah. Akan muncul kata-2 "Your blog published successfully". Klik link dibawah kata-2 tersebut ya "View blog in a new window" untuk melihat blog perdananya kita :-D Misal untuk contoh ini saya membuat blog www.membuatbloggratis.blogspot.com Nah muncul deh postingan saya yang pertama...hip hip horeee...jadi kan.
Sembilan
Jika ingin posting lagi, dikemudian hari masuk aja ke blogger.com nya dan pilih "Sign in New Blogger", silahkan masukkan email address mbak di login name dan passwordnya, nanti mbak akan lihat list semua blog-2 yang dimiliki oleh mbak yang terdaftar dengan email address yang sama. Silahkan klik Posting ya untuk melakukan posting tulisan mbak ya (ikuti langkah Tujuh ya)
Nah silahkan dicoba dulu ya mbak khaira, saya mau mandi dulu, siap-2 ngantor hehe...insyaAllah nanti saya lanjutkan lagi di kantor yah.

Doris Nasution | 0815-860 38 678 | 021 - 30851867

Tidak ada komentar:

Posting Komentar